Senin, 25 Juni 2012

MUQODDIMAH

ASSALAMU ALAIKUM WAROHMATULLOHI WA BAROKATUH
Bismillahirrohmanirrohim
Alhamdulillahi Robbil Alamin
Wassholatu wassalamu ala sayyidil mursalin
Muhammadin imamil muttaqin
Wa ala alihi washohbihi ajma'in
amma ba'd
PESANTREN SIWALANPANJI cukup dikenal dalam Sejarah Nasional Indonesia apalagi dalam tarikh penyebaran Islam dan penyebaran pola pendidikan Pesantren di Indonesia, hal ini karena banyak tokoh Islam dan tokoh Pergerakan Nasional yang pernah nyantri atau menimba ilmu dan mendapatkan gemblengan dari para Masyayih di Pesantren ini.
KH Hasyim Asy'ari, tokoh Pergerakan Nasional dan pendiri Nahdlotul Ulama' (NU) pernah belajar cukup lama di Pesantren ini, beliau juga sempat di ambil sebagai menantu oleh KH Ya'qub Hamdani namun keturunan dari KH Hasyim Asyari dan Khodijah binti KH ya'qub ini yang pada waktu itu diberi nama Abdulloh meninggal ketika masih bayi di Makkah Al-Mukarromah.
Kyai Nawawi atau Raden Sepukuh bin Raden Bustaman yang berasal dari Solo Jawa Tengah Pendiri Pesantren Ma'had Arriyadl Ringin Agung Pare Kediri termasuk santri mungkin dari angkatan senior Pesantren Siwalanpanji karena beliau lahir tahun 1818 M dan mulai nyantri di Siwalanpanji tahun 1835M kemudian pada tahun 1870 residen Kediri memberi izin mendirikan pesantren Ringin Agung.
Tentu banyak yang ingin kami sebutkan dari nama-nama tenar Pejuang Pergerakan Nasional dan para tokoh penyebar Islam semisal Kyai As'ad Syamsul Arifin Situbondo, Kyai Sahal Gontor Ponororogo, Kyai Wahid Hasyim dan seterusnya dengan tampa mengurangi rasa hormat pada beliau-beliau, namun maksud utama dari blog ini adalah kami ingin menggali sebenarnya KAPAN PESANTREN SIWALANPANJI DIDIRIKAN...??? SIAPA SAJA PARA GURU atau KYAI YANG PERNAH MENGGEMBLENG DISANA....??? BAGAIMANA KISAH HIDUP PARA MASYAYIH TERSEBUT....??? insyaAlloh akan kami lanjutkan pada tulisan berikutnya. Tegur-sapa dan masukan sangat kami harapkan dari para pembaca. Syukron katsiiiir

1 komentar:

  1. assalamualaikum ustad. artikel ini sangat membantu tugas saya. terimakasih ustad. oh ya ustaad. apakah panjenengan keluarga besar al hamdiyah atau pengasuh pondok al hamdaiyah ustad ?

    BalasHapus