Rabu, 02 Oktober 2013

Kenapa Lebaran IEDUL FITRI di Indonesia bisa berbeda-beda ???

   Seperti telah kita ketahui bersama, Lebaran IEDUL FITRI di negeri kita hampir selalu berbeda-beda, kalau tidak Hari Rayanya yang berbeda maka awwal Romadlon yang berbeda, kenapa bulan-bulan yang lain kok tidak ? Tapi mungkin sebenarnya tetap berbeda tapi karena tidak di expose mass media dan di blow up maka tidak di ketahui khalayak ramai.
Dari hasil penelitian Forum Kajian Ilmu Falak " Farkhan Bakri " di simpulkan beberapa faktor penyebab perbedaan ITSBAT yaitu antara lain:
1. Penggunaan metode hisab yang berbeda-beda di antara ormas Islam yang ada, begitu juga kelompok-kelompok masyarakat yang lain seperti aliran Thoriqoh dan sebagainya.
2. Adanya kelompok masyarakat yang menggunakan sistem kalender yang tidak berdasar OBSERVASI BULAN yang akurat, seperti kelompok yang menyadarkan hitungannya pada pasang surut air laut.
3. Adanya pemakaian standar yang berbeda dari dua ormas Islam terbesar di Indonesia, yang satu pakai standar IMKANUR RUKYAT sementara yang lain pakai standar asal hilal sudah wujud positif wujud di atas ufuq.

Dari hasil analisis kami perbedaan penentuan Itsbat awwal bulan masih akan terus berlanjut jika tidak ada solusi yang mampu menjembatani di antara berbagai metode hisab yang sudah biasa di pakai dan berkembang di masyarakat.

Forum Kajian Ilmu Falak " Farkhan Bakri "... Forum.ilmu.falak@gmail.com

1 komentar:

  1. Mgm no deposit bonus codes - JtmHub
    Claim your Mgm bonus today! No deposit bonus 서울특별 출장샵 code is 경주 출장샵 needed, and all you need is a MGM 광명 출장샵 code. Mgm is one of the most trusted and 광주광역 출장샵 most widely played casino in the world 울산광역 출장샵

    BalasHapus